Telapak Tangan berkeringat, tanda penyakit jantung ??


Hmm,, untuk yang satu ini saya juga masih ingin cari tahu lebih banyak, tetapi, untuk lebih jelasnya silahkan check-up ke dokter, karena tiap orang memiliki keluhan yang berbeda-beda, namun untuk mengatasi rasa penasaran bagi yang belum mengetahui, dibawah ini akan saya coba share sedikit penjelasan yang saya temukan di internet tentang hal tersebut. Check this out !!

Ternyata, belum tentu gejala seperti yang Anda katakan itu berasal dari adanya gangguan pada organ jantung. Bisa saja tidak terdapat gangguan tertentu pada organ jantung Anda.

  sweaty-palms-150x150

Produksi keringat yang berlebihan dalam istilah medis disebut sebagai “hyperhidrosis”. Biasanya kondisi hyperhidrosis dimulai saat dewasa muda atau remaja. Hyperhidrosis memang dapat disebabkan oleh penyakit secara fisik, atau bisa juga disebabkan oleh faktor psikologis (kecemasan / kepanikan). Kondisi ini dapat terjadi pada selurah area permukaan tubuh maupun hanya di sebagian area tubuh saja seperti pada telapak tangan, telapak kaki, atau lipat ketiak.

Faktor gangguan secara fisik yang dapat menyebabkan hyperhidrosis contohnya adalah: 

– terdapatnya kelenjar keringat yang berlebihan
– penyakit gangguan hormon (diabetes mellitus, gangguan pembentukan hormon thyroid, keadaan menopause)
– penyakit infeksi (Tuberculosis)
– penggunaan obat-obatan tertentu
– konsumsi alkohol.

Namun, disumber lain mengatakan bahwa, jika keringat yang keluar pada telapak tangan sangat banyak hingga menetes itu pertanda kalau jantung Anda bermasalah. Jika masih merasa cemas dengan kesehatan jantung Anda, disarankan melakukan pemeriksaan kesehatan jantung berupa tes EKG.

Lalu, apakah ada hubungan antara hiperhidrosis dan penyakit jantung ??

Hiperhidrosis biasanya tidak berkaitan dengan penyakit jantung seperti yang sering dipikirkan banyak orang. Telapak tangan atau kaki yang sering berkeringat belum tentu merupakan tanda gangguan jantung.

Hiperhidrosis biasanya disebabkan stimulasi emosi dan suhu. Jadi, keringat yang berlebihan hanya di kedua telapak tangan dan di kedua telapak kaki, tanpa disertai keluhan gejala-gejala gangguan jantung atau gejala sistematik jantung lainnya, kemungkinan besar hiperhidrosis tersebut hanya disebabkan oleh rasa cemas saja.

Maka sebelum menyimpulkan, kita dapat mencari informasi atau konsultasikan ke dokter terlebih dahulu apakah gejala keringat berlebih ini pertanda terkena penyakit jantung atau tidak.

 Lalu, apa sih ciri-ciri penyakit jantung ??

Ciri-cirinya sbb :

  1. Rasa sakit atau nyeri di dada sebelah kiri
  2. Sesak Napas
  3. Cepat Capek atau Mudah lelah
  4. Merasa pusing

Tanda-tanda atau ciri-ciri lain yang menunjukkan gejala penyakit jantung: 

  • Batuk disertai sakit kepala
  • Mudah Khawatir atau gelisah
  • Batuk berkepanjangan
  • Pusing ( kepala terasa ringan) dan kehilangan kesadaran
  • Mudah mual dan muntah
  • Kurang selera makan atau tidak nafsu makan
  • Keringat dingin sering keluar
  • Pembengkakan (sering terjadi di telapak kaki, mata kaki, kaki, atau perut)
  • Pingsan tiba-tiba namun bisa langsung sadar
  • Merasa seperti sakit maag, padahal sebelumnya tidak pernah menderita gangguan lambung
  • Mudah berkeringat di malam hari
  • Kram atau kesemutan pada tangan, lengan, jari dan kaki.
  • Rahang terasa kaku dan kram

Jadi, jangan pernah menganggap keringat berlebih menandakan bahwa Anda telah mengidap penyakit jantung, usahakan mencari informasi untuk hasil yang lebih memuaskan bagi Anda .

Untuk pengobatan dan penanganan kondisi hyperhidrosis, perlu dicari tahu terlebih dahulu penyebabnya, apakah semata-mata karena faktor psikologis saja, atau terdapat gangguan secara fisik yang mendasarinya. Setelah itu baru diberikan pengobatan atau terapi yang sesuai dengan faktor penyebabnya. Untuk itu pemeriksaan lengkap oleh dokter mutlak diperlukan.

Namun, langkah awal untuk Menanggulangi Hiperhidrosis yaitu :

Antiperspirant selalu diutamakan untuk menanggulangi keringat berlebih bagi beberapa orang di seputar dunia dan terbukti sangat efektif. Bahan yang sangat efektif adalah Alluminium Chlorida (20-25%) biasanya dipakai pada malam hari 2-3 kali/hari dalam kadar alkohol 70-90%.

Menurut pengalaman, pengobatan ini sudah cukup mengurangi keringat berlebih bagi yang frekuensi keringatnya hanya sekitar 50-70% dengan kadar lebih banyak atau perlu diulang secara teratur.

Ok deh,, semoga hal ini bisa membantu yaa,, keep your healthy’s well J

Informasi lengkapnya di:

http://www.deherba.com/keringat-berlebih-tanda-penyakit-jantung.html#ixzz2GsdZLUI3

http://www.deherba.com/keringat-berlebih-tanda-penyakit-jantung.html#ixzz2GsdU54wp

Iklan

4 pemikiran pada “Telapak Tangan berkeringat, tanda penyakit jantung ??

  1. boleh tanya nggak kalau saya punya ciri ciri yang hampir sama kaya diatas itu bisa dibilang punya penyakit jantung nggak?

    1. belum bisa dipastikan penyakit jantung mbak, untuk menegakkan diagnosis perlu beberapa pemeriksaan lagi yang menjurus kesitu, karena ada juga beberapa penyakit lain yang ciri-cirinya mirip diatas, yang disebutkan itu hanya tanda-tanda kecil saja, leih baik langsung periksa ke dokter aja mbak 🙂

      1. aku juga sering keluar keringat spt mbak yuan,misal sedang asik nonton tv tiba-tiba keluar keringat dari telapak kaki maupun tangan,kira2 itu gajala apa ya mbak,apa mungkin kelebihan kelenjar keringat?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s